Akhir-akhir ini pengguna internet semakin meningkat dengan intensitas yg sangat jauh dari beberapa tahun ke belakang. Dengan semakin banyaknya pengguna internet otomatis semakin banyak pula netizen alias internet citizen yang tambah eksist di dunia maya. Positifnya dengan semakin berkembangnya perkembangan dunia maya ini, segala informasi semakin mudah tersebar meskipun pasti tetap ada pula efek negatif dari perkembangan internet ini. Di Indonesia sendiri pengguna internet semakin bertambah pesat semenjak kemunculan situs jejaring sosial facebook dan sekarang mengalami puncaknya sejak semakin dikenalnya situs jejaring sosial Twitter. Tidak sedikit orang yang rela untuk pergi ke warnet hanya untuk membuka situs jejaring sosial. Nah dari mereka pula lah muncul istilah-istilah yang terkadang terdengar aneh tapi makin lama semakin banyak saja yang menggunakan kata-kata tersebut malah sampai ke dunia nyata. Inilah gans Kata-kata yg terkenal di Dunia Maya dan Menjadi Trend di Dunia Nyata menurut hasil pengamatan ane. Check this out :

1. Galau

Galau ? Agans agans pasti udah tau dongs apa itu galau ? Nah buat yg belum tau, sini ane jelasin : Galau itu adalah perasaan yang muncul ketika apa yang tersirat dalam hati tidak sesuai dengan apa yang tersurat dalam lembaran kehidupan (ngomong apa sih guee ) . Yah intinya galau tuh perasaan ga jelas yang timbul disaat kita merasa bersalah, merasa merindukan sesuatu, atau disaat menginginkan sesuatu yg sulit untuk didapatkan yg pada akhirnya kita menjadi hilang arah.

2. Alay

Pernah denger lagu yg liriknya kaya gini gak ente gans :

“Alay, anak layangan.. Nongkrong pinggir jalan sama teman-teman, biar keliatan anak pergaulan yg doyan kelayapan..”

Hmm pasti pernah dong ? Kalo belum silahkan donlot terus dengerin dulu deh gans biar feelnya lebih dapet .
Alay bisa diartikan sebagai Kampungan atau Norak dan Bergaya seenaknya sendiri. Dengan membaca lirik lagu diatas juga udah ketahuan kan kalo Alay ini artinya anak layangan.

“YA TERUS APA HUBUNGANNYA ANAK LAYANGAN DENGAN KAMPUNGAN GANS ?!” .

Mungkin ada beberapa diantara ente yang masih suka main layangan yg ngerasa tersinggung dengan kepanjangan dari kata Alay ini. Ane sih cuman bisa nyimpulin gini gans :

Alay = Anak Layangan = Kulitnya Item, Dekil, Rambutnya Merah, Bau Matahari = Orang Kampung , Jadi Alay = Orang Kampung

Gitu mungkin yah asal muasal kata Alay ini ??

*yah meskipun ane sendiri termasuk anak yg suka main layangan waktu kecil dan tinggal di kampung juga, tapi kayanya ane ga sampai berambut merah dan bau matahari juga deh kayanya gans

3. Labil – Ababil – Tubil

“Labil – Ababil – Tubil ? Siapa tuh gans ? Saingannya Trio Macan yah ?!” .

Bukan gans, Labil tuh maksudnya TIDAK STABIL yah dalam kasus ini sih kebanyakan konteksnya dalam sifat dan kelakuan.

“Terus ABABIL apa dongs gans ?! Burung dalam cerita nabi itu yah ?!” .

Bukaaaann itu maksudnya ! Ababil di sini maksudnya Anak BAru gede laBIL gans, jadi ABG ABG yg perasaannya sering berkecamuk gitu deh gans .

“Nah terus TUBIL apaan dongs gans ? Sejenil penyakit kulit yah ?!” .

Itu mah kutil kaleee . Tubil tuh maksudnya TUa laBIL , ngerti kan maksudnya ? Atau malah ente pura-pura ga ngerti karena merasa kesindir ?

4. Kamseupay

“Kamseupay ! Kamseupay ! Kamseupay !”.

Pernah liat dong iklan salah satu provider dari ind**at yang penuh dengan kata Kamseupay di sepanjang iklannya ini ?!

Nah menurut hasil penelusuran ane dari mbah google, usut punya usut ternyata kata Kamseupay ini tuh berasal dari tahun 70an alias jaman ibu sama bapak ane masih dandan ala pemain film warkop . Mulai terkenal lagi akhir-akhir ini berkat Marissa Haque yang menyebutkan kata ini di blognya.

“Yah terus arti kata Kamseupay sendiri apa dongs gans ?! Ko ente malah jadi kultum ??” .

Bentaaar, arti kamseupay sendiri sih belum pasti yg bener yg mana. Ada yg bilang klo artinya KAMpungan SEkali Udik PAYah, ada juga yang bilang KAMpungan Sekali EUy PAYah, ada lagi yg bilang KAMpungan SEUkali PAYah, tapii ada juga yang bilang kalo TS GANTENG !

5. Asolole

Karena ane yakin kalo yg baca ini pasti fans beratnya Trio Macan plus Sagita, jadi ga usah ane jelasin yah maksud kata Asolole ini .

*curiga pada siap siap buat lembar bata*

Jadi gini gans, menurut hasil penelusuran ane di mbah google (LAGI !) , Asolole tuh berasal dari lirik lagu Dangdut Koplo berbahasa Jawa dari grup Koplo Sagita, dan sekarang kata Asolole tersebut dipopulerkan oleh Trio Meong *eh Trio Macan lewat lagu Iwak Peyek.

“Jiaaahh dia malah ceramah lagi ! TERUS ARTI KATA ASOLOLE NYA APA GANS ??” .

Sabaaarr, sabaaarr.. Nah itu dia gans, sama seperti kata Kamseupay, arti dari kata Asolole ini juga masih menjadi misteri kehidupan . Ada yg bilang kalo artinya Asik Lo Le, Asoy Lo Le .

Tapi menurut ane sih kayanya ga ada artinya yah, yah coba aja kalo ane nanya “PRIKITIW artinya apa sih gan ?!”, apa bakalan ada yg jawab ??

6. Garing

Garing adalah nama seorang vokalis dari grup band yang lagunya menjadi OST Laskar Pelangi.

“GIRING ITU WOY !” .

hahaha ko ane malah jadi ngerasa garing yah ?! -____-“

NAH itu dia maksudnya gans, GARING di sini artinya JAYUS alias ga lucu tapi dipaksain buat terlihat lucu . Garing sendiri sih berasal dari bahasa Sunda yang artinya Kering. Entah deh kenapa sekarang artinya malah jadi GA LUCU. Biarkan tetap menjadi salah satu rahasia kehidupan .

7. Maho

Quote:Ciyee ciyee si agans akhirnya jadi topik pembahasan ane juga !  

Jadi gini gans, Maho yang mempunyai kepanjangan MAkhluk HOmo ini pada awalnya berasal dari sebuah emote di forum kesayangan kita semua, K A S K U S ! .

Kata ini sekarang mulai merambah juga ke dunia nyata kita, malah ane pernah denger tuh ada anak SD yang bilang “ah lu MAHO sih !” .

Ane sendiri sih bukan orang yg menilai seseorang berdasarkan orientasi seksual yah, ane sih fine fine aja berteman mau sama maho atau apalah itu, yah secara ane udah ganteng sih !

“GA ADA HUBUNGANNYAAA ! DASAR TSNYA MAHOOO !”

8. Rempong

Apasih rempong ? Jadi rempong itu adalah keadaan dimana seseorang selalu mengeluh tentang apa yang sudah, sedang, atau malah belum terjadi dalam hidupnya dan selalu memasalahkan segala hal bahkan hal sepele bisa menjadi besar.

“YAA TERUS KENAPA DISEBUT REMPONG ?!” .

Sabaaar gans, rempong amat deh si agans . Kalo menurut ane sih mungkin rempong tuh berasal dari kata Rumpi kali yah ?! Kalo Rumpi pasti tau dong apa artinya ?! Kalo belum, tanya aja noh sama Ulfa Dwiyanti, kali aja ente bakalan di ajak ke Mall.

“SUMPAH TSNYA GARING ABIS !” .

9. Bully

Pernah denger ada lagu yang liriknya gini gak gans :

“sempat ngerasa sedih, karena sering di bully.. malah jadinya malu karena dicibir melulu..”

Ah jangan ngaku belum pernah deh gans , secara itu di kamara ente poster SMASH semua

Yupp, kata Bully ini menjadi terkenal di Indonesia kita tercinta karena lagu dari SMASH yang judulnya…. *apa yah ane lupa sumpah* itu deh pokonya..

“TERUS ARTI DARI BULLY ITU APAAN GANS ?! ANAKNYA BULLDOG ??” .

Weeeeits, hahaha jadi bully tuh kalo menurut google translate sih artinya INTIMIDASI gans *keliatan banget gue englishnya jeblok*

CURHAT DIKIT AH : ane juga waktu SD suka jadi korban bully gans ! , Untung pas putih biru menuju putih abu ane menjelma menjadi sosok lelaki tampan dan kuat jadinya giliran ane yang membully orang-orang .

10. Woles

Buat ente yang eksist di twitter pasti dongs sering banget baca tulisan WOLES ?! Apa yang pertama tersirat dalam benak ente pas pertama kali ngebaca atau ngedenger kata itu ?!

“ES KRIM GANS !” .

Itu mah WAAAAAAALL’S kalii . Jadi usut punya usut , kata woles ini berasal dari mulut seorang anak muda GAUL yang suka mengucapkan segala sesuatu secara terbalik. Ngerti dong maksudnya ?! Kalo ga ngerti, coba deh ente baca kata woles tadi secara terbalik

“AH GA NGERTI AH GANS MAKSUDNYA GIMANA ?!” .

Jadi gini gans, kata WOLES tadi kalo dibaca terbalik kan jadi SELOW, yang kalo di translate ke english dengan pengucapan yang bukan keluar dari lidah orang kampung kan jadi dibacanya SLOW

***

Itulah gans Kata-Kata yang Terkenal di Dunia Maya dan Menjadi Trend di Dunia Nyata menurut hasil pengamatan ane. Kalo ada yang belum ane masukin mohon dimaafkan yah gans, ane hanyalah seorang insan akhir jaman yang menginginkan kesempurnaan walau terkadang hidup berlumur dosa dan kesalahan

***

Spesial Mention :

Kepo

“Kepo Kepo jangan pergi, terbang dan tetaplah di sini.. Bunga Bunga menantimun, rindu akan indah dunia….” *makin ngaco*

“Apa sih Kepo tuh gans ?!” .

Yah kalo ente nanya kaya gitu sudah pasti jawabannya kalau Kepo tuh yah ente ! . Kenapa ane ngomong gitu ?! Karena eh karena, menurut primbon gaul yang ane telusuri dari mbah google lagi, kepo tuh artinya SERBA INGIN TAU, atau ada juga yang bilang Knowing Every Particular Object alias yah kayak yg mau taaauuu ajaaa .

Peres

Pas baca kata peres, apa yang pertama muncul dalam benak ente gans ?! Jangan bilang kalo ente langsung terbayang mukanya JUPE . Ga salah juga sih gans, toh nama dia kan Julia Peres

Nah, peres sendiri nih menurut primbon gaol lagi, artinya adalah PALSU alias BOHONG gans.

Pertamax

Nah sebagai seorang k a s k u s e r s sejati yang setia sama k a s k u s dan ga pernah pake BOT *uuupss* tentunya ente tau dong kalo kata Pertamax ini berasal dari forum kita tercintaa, K A S K U S !

“IYEE GUE TAU GANS, TAPI GUEE GA TAU TUH SEJARAHNYA KAYA GIMANA KO BISA DIBILANG PERTAMAX ??” .

Jiaaahh, jadi gini gans, pada mulanya kata pertamax di k a s k u s tuh nulisnya PertamaX alias PERTAMA KALI, jadi tiap ada trit baru otomatis orang yg komeng pertama tuh jadinya komen PERTAMA KALI alias PERTAMA X cuman seiring berjalannya waktu dan bertambahnya rasa malas para k a s k u s e r s, *bahkan untuk memencet tombol spasi * , akhirnya kata Pertama X ini berubah deh jadi PERTAMAX gaaanns !

Envy

Nah masih buat ente yg ngeksist di dunia twitter pasti sering dongs baca ada yg post “aduh envy nih guee ngeliat dia punya gocekan baru” atau “envy banget guee ngeliat kakak gue punya ipad” . Naaaahh pasti dongs muncul pertanyaan lagi :

“ENVY apaan sih gans ?!”

Jadi gini loh gans, envy tuh menurut google translate *lagi* artinya adalah iri. Tapi iri di sini beda dengan jealous hayo gans, kalo envy lebih cenderung ke hal yang emang tidak pantas untuk dicemburui. Yah kaya ente lah envy sama ane karena ane ganteng, kan ga pantas gans secara ini emang udah bawaan lahir

***

Mampir ke trit ane di K a s k u s juga yah gans :

10 Kata yang Lahir dari Dunia Maya dan Menjadi Terkenal di Dunia Nyata

About these ads
Comments
  1. ega says:

    nice post gan :D

  2. iwan ganteng says:

    tambahan gan, anak” muda di bogor jaman sekarang pada pake kata FUDUL terus gan awkawkk, “geuleuh ih FUDUL lu mah orangnya” “ih FUDUL ya hayoo”, ane ga tau itu asalnya dari mana, setau ane artinya tuh “MENGETAHUI TANPA IZIN”, contohnya ane lagi iseng nih baca sms di hp nya temen ane, langsung dia bilang “WEW FUDUL LU NAJIS”… dalam hati aneh “Jiaaaahhh FUDUL !@#$%? awkkaw

  3. dona says:

    bukan ASOLOLE tuh gan, yang kata trio macan mah ASELOLE, awas salah ketik gan, dalam bahasa jawa Asu = anjing, biasa diplesetkan jadi aso, LO = bisa loh, atau elu bahasa betawi, LE = banyak arti, bisa TOLE panggilan untuk anak laki-laki dalam bahasa jawa, bisa pula SEKALEE. Nah edit lagi gan takut nya jadi rancu dan jadi salah penafsiran banyak orang. CMIIW :)

    • gak suka dangdut says:

      sebenernya sih bener asolole gan. dulu gue pernah ngeliat di youtube, video live lagu iwak peyek dri band OM Sagita (band orkes dngdut koplo). lagu tu sebenernya bkn dri trio macan, tpi dri band dngdut kplo dri jawa timur (tpi gue gk tw spa) dan sdah ada dri thn 2009an tu kyknya. asolole tu kpnjangan dri “ASOsiasi LOnte LEbay”. buat yg gk tw lonte, itu artinya senok. buat yg gk tw senok, tu artinya cwek/cwok/banci yg doyan ngentot, gatel sma lwan jenis dll. dah. gue mhon maaf gans klo ad yg salah. CMIIW2

  4. Mili Kurniawan says:

    ouhh ,, k3r3n bu4ng3tzz kag! Th4nky0u f0r 1nf0’a ea ..

  5. woy woles donkkk
    hehehhe

  6. Ria Astuti says:

    kepo ahh,,,hehe :)

  7. mushuza says:

    pertamax kagak ya?

  8. Dollyna II says:

    gua kelihatan kepo gans :D

  9. dont cry says:

    ASOLOLE ( ASOsiasi LOnte LEbay )
    yang ane tau gitu gan artinya … hahahaha…..
    coz di populerkan sagita gan nah sagita itu perkumpulan para penyanyi dangdut d jawa timur gan,, yg udah kaya pada lonte … :D

  10. ane peres ente… kok gak keluar”????

  11. terlahir miskin says:

    menurut kbbi, galau itu di artikan sebagai sibuk beramai ramai atau keadaan kacau tidak karuan..

  12. jin eka says:

    indonesia bnyak bahasa aneh,,, klo tempe lanang apaan ? hihihi pisw

  13. Ah pada kepo nih semua,hahaha…
    Ada-ada aja ya anak sekarang, kamus besar bahasa indonesia tambah tebel tuh

  14. heny lutvi says:

    itu mah bukan kepo-kepo gans ,tapi kupu-kupu lah…!!!!!!

  15. Nisa ariani says:

    haha mksh info.a yaa .

  16. Dhedhe says:

    jhahaha ,,

  17. Vella says:

    Kepo Kepo Kepo :v

  18. P.L.U.R says:

    Ada satu lg yg udah brsertifikat yoiku
    JANCOK

  19. Nabila says:

    asepp banget dha.. (y)

  20. miztia says:

    ahaha gue sedoooooott nih bahasa .. makasih gan.

  21. wi_ajah says:

    Thanks gan. membantu bgt buat memahami bahasa ank2 muda jaman skrg. biar tetep nyambung kalo d ajak ngomong. hahahaha. ..

  22. Fidelis Dwi says:

    thanks gan buat infonya (y)

  23. oooh gitu toh gan :D udah bisa woles ni kalau jumpa orang alay :D

  24. ferdian says:

    envy bangat gue liat dia jln sama mantan gue

  25. SIGIT says:

    Kalo PHP artinyaa apa ya gan ?

  26. [...] referensi : kamus slang , kamus besar, , males banget ,  wordpress , kitab [...]

  27. Einid Shandy says:

    Thaanks gan, . Keren. Kereen. , Jd nggag kamseupay lagi deh cz skrg jd bnyak tau yg laen2ny. hhehehe. ,

  28. ALIM HAK R says:

    Kata ‘Meet’

  29. a liang says:

    Karen gans..

  30. Phouchonx says:

    haha gajebo tapi kocak….. top gan!!! :D

  31. boil says:

    Cetaarr membahana…??

  32. iyansauri says:

    Reblogged this on goldcuan.

  33. iyansauri says:

    ck ck ck ck ck ck

  34. sidon says:

    kuda e’he

  35. Alfi says:

    Thx gan :D
    Jadi nggak gampang kepo. wkwkwk

  36. TuBiL says:

    yang bikin Gw ketawa/i bkn krn kata2 gaol yg jd bahasan jaman skrg tp dr cara penyampaian artikel ini sgguh2 lucu,, hahaha pas baca postingan ini Gw ampe lupa utang 5 juta hahahaha

  37. BEeBee says:

    Pertamax gan … hehehe
    dari bawah tapi .. :D

  38. Ahmad Q Baday says:

    “Tieip” dikit ah… :D

  39. Rhieckhaaaa says:

    Asolole itu bukannya Makanan Ringan itu ya …. Eehhh, itu mah Slai Olai ….. Hehehehe :-)

  40. Devie says:

    Bruahaha kalau etebb apaan sih

  41. saddam says:

    Tambah nih gan di tangsel sekarang lagi tren bahasa “Bodsam”

  42. Aprianto says:

    Mantap

  43. mandariyanto says:

    yang nomor 10 itu ikutan anak malang.

  44. Scorpio says:

    Pertamax anaa coment like. . (y)
    ;)

  45. nurman says:

    bEro mksh yh atas infonya. :-D

  46. Arifin says:

    Bagus

  47. Andi ammar says:

    Pas….dksd….

  48. slanker11 says:

    Asolole icik icik ehem

  49. putri rahayu agustina says:

    keren banget ddah (y) gua nya suka :*

  50. reynandha says:

    tambahan gan, kalo di pontianak lagi eksis kata “anchor e..”

  51. Imam hernandez says:

    HuUuyEeeEe

  52. nopan says:

    penjelasannya cetar membahana badaiiii. btw, nau matahari itu kayak gmn ya? *penasaran

  53. muly19fb93 says:

    bagus bagus. ……
    jadi tau deh….jadinya kan gak asal sbut aja.tanpa tau artinya……

  54. tri mulyani says:

    Hmmmm,,, kalo abg jaman sekarang nulis aja dah g pake EYD,, susah bacanya juga,,,, makasih deh info nya,,,

  55. tri mulyani says:

    Makasih info nya gan,, hmmm ABG kaya gitu nulis kalo di Baca susah,, wkwkwkwk

  56. Muhammad Isnan Zuhri says:

    Nice tread gan
    woles, buat ane kepo

  57. Neelam says:

    nice gan. :D

  58. zumaly says:

    Kamseupay gw…
    Begitu denger tmn ngomong woles, gw lgsg googling, eehhh…ternyata… Hahaha..
    Thank’s gan

  59. buburasem says:

    ngakak gan

  60. Toenks says:

    tks broo.
    biar dah dewasa (penghalusan dari agak tuwir, maksudnya), prlu juga ane ngarti istilah yg gini-ginian..

  61. Ilham Saputra says:

    Nice info gans…

  62. Adnan says:

    5 bintang ma 4 jempol deh bangg

  63. Ocha says:

    Sumpe!
    Untuk pertamax, Ngakak guling-guling bacanya.
    Thx infonya! :D

  64. syahzakaria says:

    Wuih Seru gan. makanya waktu jalan jalan banyak tulisan Woles di kaos, motor, sepeda jadi bertanya-tanya. dan baru tau dari artikel ini.
    Recomended artikel gan…

  65. Gbl says:

    Gan,…mengenai ASOLOLE bukannya plestan dari Ass Hole ?

  66. abhe says:

    keren gan…

  67. Daniel says:

    Keren gan, PHP ada lg ntuh gan

    PHP = Pemberi Harapan Palsu

    agan gak usah envy ma gw ya, secara ane jauh lebih cihuy dr agan hahahahaha

  68. menurut q tu ya… yg gk jelas tuh arti dari maho…

  69. dezz says:

    ijin copas ahh :D

  70. […] Sumber : http://dejulogy.wordpress.com/2012/04/10/10-kata-yang-lahir-dari-dunia-maya/ […]

  71. Yoen says:

    Lol…baru tw gw….#blushing sambil kedip2 mata

  72. pagiman deka says:

    thanks info_nya gans :-)

  73. anastasya says:

    woles

  74. ifan says:

    epen kaa ? hahaha

  75. Kata Gehol yang Ane Ciptain Sendiri Gan,, “TUNDIK” bahasa Minang dari kampung ane, maklum ane orang kampung Alay.. Kamseupay.. Tundik sendiri artinya : Sok TE’U,, Sok TAHU!! Hahahah.. Semoga eksis nih yaakk.. Wkwkwkwk..

  76. Ir1 says:

    Yang laen pertamax,gw petromax dah

  77. indah says:

    haha. woles bray

  78. Aan says:

    Haha, gue ma adik gue paa ngakak bcanya. Artikelnya stress abis. Bisa menghilangkan sifat kamseupay. :D

  79. ulfa says:

    Kalo MARUK tuh artinya apa?

  80. nOnAmE says:

    5555555!

  81. Ane hanya mau nambahin.
    LOL (juga ditulis lol) adalah akronim dalam bahasa Inggris, biasanya untuk “laugh out loud” (tertawa terbahak-bahak) atau,”lots of luck” (semoga banyak beruntung) atau “lots of love” (banyak cinta).
    ha ha ha ha ha (v) met menggunakan.

  82. Ayuni Adesty says:

    Jayus tapi ciyuuuus ini lumayan nambah pengetahuan deh.
    Btw ciyuuus miapa belum dimasukin ke daftar ya?

  83. handsome says:

    ngena bngt

  84. Susiz says:

    Woles artinya slow memang bahasa kebalikan yg identik bahasa anak Malang

  85. jalak says:

    GOOD ALL

  86. Maria casanova says:

    kereeeeeeeeeennnnnnn

  87. rartna says:

    Okey…paham laaaa

  88. Abhinawa says:

    ASOLOLEY itu kependekan dari ASOsiasi LOnte LEbaY…..

  89. devi says:

    Ngakak baca postingannya..jd penasaran sm keGANTENGan yg nulis :p
    Btw tengkyu inpoh nya yaa

  90. Yeti U says:

    Wehwehweh

  91. Yeti U says:

    Wehwehweeeh

  92. Andika hansaida says:

    Nyekot.

  93. Azhar ank says:

    ane suka gaya nt gan….kkkkkk.

  94. Asolole says:

    Gw ijin promosiin ye gans..

  95. jajang says:

    YEE,,,,Pengennya jadi yang PERTAMAXXX,,,,eh malah baru tau ada postingan bagus,,,,SUNDULLL GANS,,,,

  96. Nama fb yg punya blog ap yachh???

    Penasaran gw sm orng ganteng…

  97. Antara says:

    Terima kasih atas infonya.. :-)

  98. Julian says:

    wolessss

  99. waldiner siahaan says:

    jadi keles apa artinya

  100. HJACKMAN 9O'S says:

    emang anak abg sekarang tidak kayak anak abg tahun 90’an ane kagak ngarti deh beda zaman sama ane.

  101. Farel says:

    nais info gan

  102. […] 10 Kata yang Lahir dari Dunia Maya dan Menjadi Terkenal di … […]

  103. my blogs says:

    anaeh aneh ya gan bahasa zaman edan ini ?? :) hahaha ampe ngakak !!!! baca baca nya

  104. HAHA….. BANYAK AMAYY TONK

  105. iwan doank says:

    woles gan….jadi kepo nih….

  106. bahasanya ngikutin zaman ya gan *Praktisss

  107. wulan says:

    Gokil Ɣ sukarang bahasanya

  108. yueda says:

    pembahasan nya seru,ga ngebosenin pas di baca..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s