10 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Resign Dari Tempat Kerja

Tempat kerja adalah tempat dimana kita menghabiskan sekitar 40% dari jam hidup kita setiap harinya. Terkadang hal hal yang terjadi di tempat kerja bisa merubah keadaan kita dari mulai suasana hati sampai semangat hidup pun kadang ikut terpengaruh. Malah terkadang orang orang di sekitar kita juga ikut terkena imbasnya, baik itu efek baik maupun efek buruk yang ditimbulkan oleh tempat kita bekerja. Terkadang ketika kita mulai jenuh dengan pekerjaan ataupun tempat kerja yang sedang kita jalani, terpikir dalam benak kita untuk segera resign dari tempat kerja kita dan segera mencari tempat kerja baru. Tapi tentunya kalaupun keputusan akhirnya kita memang harus resign dari tempat kerja kita, sebaiknya pertimbangkan dulu berbagai kemungkinan yang akan terjadi. Jangan akhirnya kita malah jadi salah melangkah dalam mengambil keputusan. Nah maka dari itu di sini ane posting 10 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Resign Dari Tempat Kerja. Check this out gans :

1. Gaji


Gaji adalah faktor utama kita bekerja, karena tentunya setiap orang juga tau kalau kita bekerja untuk mendapatkan gaji. Nah sebelum ente berpikir untuk resign dari tempat kerja ente, coba pertimbangkan kira kira bisa ngga ente dapet tempat kerja yang memberikan gaji lebih tinggi dari tempat kerja ente yang sekarang ? Kalau misalkan hanya beda beberapa persen, lebih baik pertimbangkan dulu gans๐Ÿ™‚

2. Jarak


Selain faktor gaji yang harus agans pikirkan, tentunya lokasi tempat kerja baru agan nantinya harus agan pertimbangkan juga. Misalkan gaji agans di tempat kerja baru bedanya 25% lebih tinggi dari tempat kerja agans sebelumnya tapi ternyata untuk mencapai lokasi kerja yang baru, agans juga harus mengeluarkan biaya yang lebih tinggi dari tempat kerja agans sebelumnya. Coba pertimbangkan lagi kalau sehari aja beda Rp 10.000, gimana kalau sebulan ? Belum lagi kalau misalkan tempat kerja agans yang baru nantinya mengharuskan agans untuk tinggal diluar kota dan otomatis agans harus memilih untuk kost dan membeli segala sesuatunya sendiri. Kalaupun sekarang agans bekerja diluar kota dan sudah merasakan kost dan segala kepedihannya :hammers , coba agans pertimbangkan lagi apakah di tempat kerja agans nantinya biaya hidupnya akan lebih murah atau malah sebaliknya ?๐Ÿ™‚

3. Kesehatan


Salah satu faktor penting yang kadang disepelekan oleh beberapa orang adalah kesehatan. Sebelum agans resign dan berpindah tempat kerja, sebaiknya agans pikirkan dulu apakah ditempat kerja agans yang baru kesehatannya terjamin ? Dalam artian jika suatu saat nanti agans sakit, apakah biaya pengobatan agans dijamin 100% ? Oke misalkan ditempat agans kerja sekarang agans belum pernah menggunakan jaminan kesehatan sama sekali, tapi coba bayangkan jika suatu saat nanti agans tiba tiba sakit yang lumayan parah dan membutuhkan biaya banyak ?๐Ÿ™‚

4. Rekan Kerja


Rekan kerja juga termasuk peran penting yang harus kita pikirkan sebelum resign dari tempat kerja. Jika agans sudah sangat jenuh dan bosan dengan tempat kerja sekarang, coba sharing dengan rekan rekan kerja agans, mungkin saja mereka juga merasakan yang sama dan dari sinilah agans bisa sedikitnya mendapat tips dan pengetahuan bagaimana cara mereka bertahan. Yang harus agans pikirkan juga sebelum resign dari tempat kerja adalah apakah ditempat kerja agans yang baru nanti orang orangnya akan lebih baik dari tempat kerja sebelumnya atau malah lebih menyebalkan ?๐Ÿ™‚

5. Asuransi


Asuransi juga merupakan hal penting yang harus kita pertimbangkan. Yah memang kita semua pasti berharap ketika kita bekerja, semoga tidak terjadi kecelakaan apapun yang mengancam keselamatan kita, meskipun kita semua juga pasti tau bahwa takdir tidak ada yang bisa mencegah setidaknya jika perusahaan yang kita tempati menjamin kita dengan asuransi kita tidak perlu kuatir dengan kemungkinan terburuk sekalipun. Jadi sebelum agans resign dari tempat kerja agans yang lama, coba agans pikirkan dulu apakah ditempat kerja agans yang baru nanti perusahaannya menjamin para karyawannya dengan asuransi atau tidak ?๐Ÿ™‚

6. Atasan


Faktor atasan yang kurang menyenangkan juga mungkin menjadi salah satu faktor yang membuat beberapa orang terpikir untuk resign dari tempat kerja mereka. Tapi coba agans pikirkan dulu, apa ditempat kerja agans yang baru nanti ente bakalan dapet atasan yang lebih baik dari sekarang atau justru lebih killer ? Sebelum menjudge atasan ente menyebalkan, coba ente ingat ingat lagi kebaikan kebaikan yang udah mereka kasih buat ente, kemudian coba ente pikirkan jika posisi ente sebagai atasan yang kadang ditekan oleh keadaan, apa ente bakalan tetep baik ke bawahan ?๐Ÿ™‚

7. Cakupan Pekerjaan


Sebelum ente berpikir untuk resign dari tempat kerja yang sekarang karena membosankan, coba ente bayangkan apa ditempat kerja ente yang baru nanti pekerjaannya akan lebih membosankan atau malah ente bakalan terasa seperti bekerja rodi karena pekerjaan ditempat kerja baru nanti diluar cakupan ente ? Memang ga ada salahnya dengan mencari tantangan gans, asal dipikirkan dulu efek baik buruknya๐Ÿ™‚

8. Lama Kerja


Nah ini juga merupakan point penting yang harus ente pertimbangkan sebelum resign dari tempat kerja. Sudah berapa lama ente bekerja ditempat yang sekarang ? 5 Tahun ? 2 Tahun ? 1 Tahun ? Atau malah di bawah 1 Tahun ? Kalau misalkan ente sudah 2 tahun atau malah sampai 5 tahun ditempat kerja yang sekarang, wajar jika ente pada akhirnya memilih untuk resign dari tempat kerja yang sekarang. Tapi jika ente baru 1 Tahun atau malah di bawah 1 Tahun bekerja di tempat kerja yang sekarang, lebih baik pikir 100 kali gans sebelum ente berpikir untuk resign. Karena apa ? Pengalaman kerja di bawah 1 Tahun tuh ga akan dianggap di CV ente nanti, yang ada ketika ente mendapat panggilan interview dan penginterview melihat CV ente, mereka pasti akan bertanya ‘kenapa anda keluar dari tempat kerja anda sebelumnya padahal lama kerja anda kurang dari 1 tahun ?’. Nah ente bakalan jawab apa ? Yang ada nama ente bakal jadi jelek karena bakal dianggap tidak betahan alias tukang pindah kerja๐Ÿ™‚

9. Transportasi


Jika agans termasuk orang yang kurang peka, pasti agans tidak akan menghiraukan point ini. Transportasi menurut ane juga salah satu point yang harus kita pikirkan. Apakah di tempat ente bekerja yang baru nanti fasilitas transportasi disediakan ? Masih mending kalau ente memungkinkan untuk membawa kendaraan pribadi, kalau tidak ? Apakah ente bakalan merelakan waktu ente terbuang dijalan karena mengantri bis atau angkot yang ngetem lama ?๐Ÿ™‚

10. Ilmu dan Pengalaman


Point nomor 10 sekaligus point terakhir ini adalah salah satu point terpenting yang harus agans pikirkan sebelum memutuskan untuk resign dari tempat kerja. Ilmu dan Pengalaman apa yang udah ente dapat dari tempat kerja sekarang ? apakah banyak, sedikit ataukah tidak ada sama sekali ? Pikirkan gans, jangan sampai selama agans kerja ditempat kerja yang sekarang cukup sebatas tempat agans untuk mendapat uang saja dan tidak akan ada fungsinya dikemudian hari. Nah jika agans sudah merasa cukup mendapat ilmu dan pengalaman, baru agans boleh berpikir untuk resign dari tempat kerja yang sekarang๐Ÿ™‚

***
Itulah gans 10 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Resign Dari Tempat Kerja menurut ane. Pada intinya sih boleh boleh aja resign dari tempat kerja yang sekarang asalkan ente bisa mendapat tempat kerja yang lebih bagus dalam segala aspek dibanding tempat kerja yang sekarang gans. Kalau misalkan ente emang udah benar benar tidak kuat ditempat kerja yang sekarang dan memutuskan untuk resign, saran dari ane sih lebih baik ente cari lowongan dulu dan usahakan ente resign setelah resmi mendapat kerja ditempat baru, jangan sampai ente resign dan nantinya status ente menjadi unemployed alias pengangguran gans, dunia pengangguran itu lebih kejam daripada hal hal yang membuat ente tidak kuat berada di tempat kerja yang sekarang, ane sendiri udah pernah ngalamin gans. Pokonya kita harus selalu ingat pepatah yang mengatakan bahwa PENYESALAN SELALU DATANG TERLAMBAT๐Ÿ™‚

One thought on “10 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Resign Dari Tempat Kerja

  1. iya nih. aku jg lg kebelet banget pengen cepet2 resign dr kantor. pengalaman udah 6 tahun di akunting, 2 tahun di shipping, 4 tahun – skrg di manufaktur. pemicu utama resign sih krn belakangan sikon kantor gak kondusif. makin banyak orang makin banyak gosiper. ane jd korbannya soalnya gan. blm lagi masalah gaji yg masih underpaid. kerja 6 taun tp gaji masih level fresh grad gan. alhasil ane mulai nyari2 yg baru deh, udah jalan 6 bulan tp blm ada yg cocok. yah mungkin blm rejeki kali ya. tp emang bener bgt apa kata artikel di atas, jangan resign sblm dapet yg baru. ibaratnya rumah gedongan belum dapet, rumah gubuk udah dikasih orang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s