Di Thread ane sebelumnya 25 Hal yang Menjadi Icon Utama Kota Bandung ane udah posting 25 hal yang menjadi Icon utama dari kota Bandung. Nah bagaimana dengan kulinernya sendiri ??

Kuliner adalah hasil olahan yang berupa masakan. Masakan tersebut berupa lauk-pauk, makanan (penganan) dan minuman. Karena setiap daerah memiliki citarasa tersendiri, maka tak heran jika setiap daerah juga memiliki tradisi kuliner yang berbeda-beda. Di trit itu ane cuman nyantumin kuliner yang paling terkenal diantara yang lainnya. Mungkin agans agans yang dari luar kota Bandung ada yang ingin tau kuliner apa saja sih yang bisa ditemui di Bandung dan tentunya asli dari Bandung. Maka dari itu sekarang ane posting 25 Kuliner Khas Bandung yang bisa menjadi referensi agans agans ketika liburan ke kota Bandung. Check this out gans :

1. Karedok

Karedok atau keredok adalah makanan khas daerah di Indonesia. Karedok dibuat dengan bahan-bahan sayuran mentah antara lain; ketimun, tauge, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong. Sedangkan sausnya adalah bumbu kacang yang dibuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam, dan terasi.

2. Batagor

Batagor (akronim dari bakso tahu goreng) adalah makanan tradisional khas Jawa Barat yang dibuat dari tahu berbalut tepung lalu digoreng.

3. Mie Kocok Bandung


Mie Kocok adalah makanan berbahan dasar mie kuning dan tauge, yang diberi kuah panas dari kaldu kaki sapi yang berasa lemaknya dan diberi toping potongan kaskus kecil. Rasanya panas dan segar, dan kalau anda pencinta pedas tinggal tambahkan sambel yang akan membuat lidah dan dahi kita berkeringat.

4. Perkedel Bondon


Perkedel kentang yang dimasak atau digoreng di atas tungku api, dan bahan bakan untuk menyalakan api/baranya menggunakan kayu atau arang. Mungkin cara memasaknya ini lah yang membuat perkedel ini sangat nikmat disajikan panas panas dan dengan sambal saja sudah cukup untuk menemani nasi sebagai lauk untuk bersantap.

5. Lotek


Lotek hampir sama dengan pecel, yakni makanan berupa rebusan sayuran segar yang disiram dressing berupa sambal dicampur bumbu kacang. Keunikannya, sebagai bahan sambal di samping kacang seringkali ditambahkan tempe dan dalam bumbunya ditambahkan terasi, gula merah, dan bawang putih. Secara umum, lotek terasa lebih manis daripada pecel. Selain itu, kalau sambal pecel bumbu sudah dicampur sebelumnya, untuk lotek bumbu baru ditambahkan ketika akan dihidangkan. Lotek dapat disajikan dengan lontong atau nasi hangat, disertai dengan kerupuk dan bawang goreng.

6. Surabi Bandung


Serabi kadang disebut srabi atau surabi merupakan salah satu makanan ringan atau jajanan pasar yang berasal dari Indonesia. Serabi serupa dengan pancake (pannekoek atau pannenkoek) namun terbuat dari tepung beras (bukan tepung terigu) dan diberi kuah cair yang manis (biasanya dari gula kelapa). Kuah ini bervariasi menurut daerah di Indonesia. Daerah yang terkenal dengan kue serabinya adalah Jakarta, Bandung, Solo, Pekalongan dan Purwokerto yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri.

7. Combro


Combro atau kadang disebut comro atau gemet merupakan makanan khas dari Jawa Barat. Combro terbuat dari parutan singkong yang dibentuk bulat yang bagian dalamnya diisi dengan sambal oncom kemudian digoreng, karena itulah dinamai combro yang merupakan kependekan dari oncom di jero (bahasa Sunda (Namun nama tradisionalnya combro bukan comro), artinya: oncom di dalam, begitu juga halnya dengan gemet merupakan kependekan dari dage saemet artinya dage di dalam yang artinya kurang lebih sama. Makanan ini lebih enak disantap saat masih hangat.

8. Misro


Misro merupakan makanan khas dari Jawa Barat. Terbuat dari parutan singkong yang bagian dalamnya diisi dengan gula merah kemudian digoreng, karena itulah dinamai Misro yang merupakan kependekan dari amis di jero (bahasa Sunda, artinya: manis di dalam). Bentuknya bulat. Makanan ini enak disantap saat hangat.

9. Nasi Timbel


Nasi timbel adalah yang nasi putih biasa yang panas lalu dibungkus daun pisang, karena dibungkus daun pisang maka akan menimbulkan aroma yang khas. Biasa disajikan dengan berbagai tambahan seperti tahu dana tempe goreng, ayam goreng, sambal dan juga lalap.

10. Cendol


Cendol merupakan minuman khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan gurih. Di daerah Sunda minuman ini dikenal dengan nama cendol sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet. Berkembang kepercayaan populer dalam masyarakat Indonesia bahwa istilah “cendol” mungkin sekali berasal dari kata “jendol”, yang ditemukan dalam bahasa Sunda, Jawa dan Indonesia; hal ini merujuk sensasi jendolan yang dirasakan ketika butiran cendol melalui mulut kala tengah meminum es cendol.

Tepung beras diolah dengan diberi pewarna berwarna hijau dan di cetak melalui saringan khusus, sehingga berbentuk buliran. Pewarna yang digunakan awalnya adalah pewarna alami dari daun pandan, namun saat ini telah digunakan pewarna makanan buatan. Di Sunda cendol dibuat dengan cara mengayak kukusan tepung beras yang diwarnai dengan daun suji dengan ayakan sehingga diperoleh bentuk bulat lonjong yang lancip di ujungnya. Di Sunda minum cendol disebut nyendol.

11. Pisang Molen


Pisang molen adalah suatu hidangan ringan berbahan baku pisang yang dilapisi lembar-lembar adonan dan kemudian digoreng. Hidangan ini merupakan variasi dalam pengolahan dari pisang goreng.

12. Peuyeum


Peuyeum adalah sejenis makanan khas yang terbuat dari singkong yang direbus dan diberi ragi sehingga menjadi terfermentasi.

13. Gepuk


Gepuk adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari daging sapi,terasa sedikit manis dan gurih. Biasanya gepuk dibuat dengan daging sapi,yang diiris searah dengan serat daging dan direbus setengah mateng, kemudian di pukul pukul hingga agak empuk. Daging yang sudah empuk direndam kedalam bumbu yang dicampur dengan santan.kemudian direbus kembali hingga air santan menyusut.Jika akan disajikan gorenglah gepuk dengan sedikit minyak hingga kecokelatan dan angkat.Gepuk akan lebih enak di santap dengan nasi hangat dan sambel yang kami sediakan.

14. Colenak


Colenak adalah singkatan dicocol enak (bahasa sunda),merupakan makanan yang dibuat dari peuyeum (tape singkong) yang dibakar kemudian disajikan dengan saus yang terbuat dari parutan kelapa dan gula merah. Makanan khas Bandung yang masih bertahan meski saat ini agak jarang yang menjualnya. Karena kandungan gula di dalam tape maka tape tersebut mudah gosong, meski ini adalah bagian yang terenak bagi beberapa orang.

15. Bandrek


Bandrek adalah minuman tradisional orang Sunda dari Jawa Barat, Indonesia yang dikonsumsi untuk menaikkan kehangatan tubuh. Minuman ini biasanya dihidangkan pada cuaca dingin, seperti di kala hujan ataupun malam hari. Bahan dasar bandrék yang paling penting adalah jahe dan gula merah, tapi daerah-daerah tertentu menambahkan rempah-rempah tersendiri untuk memperkuat efek hangat yang diberikan bandrék, seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung, dan sebagainya. Susu juga dapat ditambahkan tergantung dari selera penyajian. Banyak orang Indonesia percaya bahwa bandrék dapat menyembuhkan penyakit ringan seperti sakit tenggorokan. Ada juga bandrék yang dikhususkan untuk orang dewasa karena efek panasnya.

16. Cireng


Cireng (singkatan dari aci goreng, bahasa Sunda untuk ‘tepung kanji goreng’) adalah makanan ringan yang berasal dari daerah Sunda yang dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama tepung kanji. Makanan ringan ini sangat populer di daerah Priangan, dan dijual dalam berbagai bentuk dan variasi rasa. Makanan ini cukup terkenal pada era 80-an. Bahan makanan ini antara lain terdiri dari tepung kanji, tepung terigu, air, merica bubuk, garam, bawang putih, kedelai, daun bawang dan minyak goreng.

17. Seblak


Seblak adalah makanan yang terbuat dari kerupuk rebus, yang dicampur racikan bumbu pedas yang terdiri dari Cabai, Bawang Putih, Garam dan Kencur. Seblak ini ada 2 macam yaitu Seblak Kering dan Seblak Basah.

18. Bajigur


Bajigur adalah minuman hangat khas masyarakat Sunda dari daerah Jawa Barat, Indonesia. Bahan utamanya adalah gula aren, dan santan. Untuk menambah kenikmatan dicampurkan pula sedikit jahe, garam dan bubuk vanili.

Minuman yang disajikan panas ini biasa dijual dengan menggunakan gerobak yang menyertakan kompor. Bajigur paling cocok diminum pada saat cuaca dingin dan basah sehabis hujan. Makanan yang sering dihidangkan bersama bajigur adalah pisang rebus, ubi rebus, atau kacang rebus.

19. Keripik Setan


Keripik Setan adalah keripik singkong yang dibumbui dengan bumbu cabai yang sangat pedas. Keripik setan ini ada berbagai merek tapi yang akhir akhir ini paling hits adalah Keripik Maicih yang mulai dikenal oleh masyarakat luas.

20. Es Goyobod


Goyobod adalah minuman khas Priangan. Goyobod sendiri adalah tepung sagu aren yang diproses seperti agar-agar. Dicampur macam-macam tambahan seperti sekoteng, alpukat, yang dicampur dalam santan kelapa dan es serut dengan pemanis sirup gula dan susu kental manis serta tambahan roti manis.

21. Ulukutek Leunca


Ulukutek Leunca ini adalah hidangan khas sunda. Campuran antara oncom dan buah leunca yang dimasak dengan bahan bahan lain sesuai selera.

22. Tutut


Tutut adalah hewan sejenis keong yang ukrannya kecil kecil. Biasa dimasak dengan bumbu pedas dengan ditambahi banyak daun salam dan sereh supaya bau amis tutut itu sendiri bisa hilang.

23. Rujak Cuka


Rujak cuka adalah makanan tradisional yang terbuat dari campuran berbagai macam sayuran atau buah dan dibubuhi bumbu rujak yang juga ditambah cuka.

24. Wajit


Wajit adalah suatu penganan yang terbuat dari beras ketan, gula merah dan kelapa yang dimasak menjadi satu. Wajit merupakan oleh-oleh asli Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Ada banyak macam wajit, tapi wajit Cililin memiliki keunikan tersendiri karena dibungkus dengan cangkang buah jagung.

25. Es Lilin


Es yang juga menjadi judul salah satu lagu sunda ini adalah es yang terbuat dari campuran santan, gula dan susu. Sekarang varian es lilin ini sudah bermacam macam, ada rasa strawberry, melon, bahkan leci.

***

Itulah 25 Kuliner Khas Bandung yang bisa ane inget gans, semoga postingan ane kali ini bisa menjadi referensi buat agans agans yang mau liburan ke Bandung.

About these ads
Comments
  1. lupancarr says:

    ingin ke bandung lg jadi.a…..

  2. winda says:

    es goyobod jdi ke inget sma neneg :(

  3. dwarv says:

    ijin share gan….
    di bawah nya di bikin link ke sini…

    nuhun gan….

    • maaf gan silahkan bisa agan cek tanggal publishnya duluan mana, agan juga bisa cek thread saya di kaskus yg udah jadi HOT THREAD liat tanggalnya hehe berarti siapa dong yg repost artikel yg udah susah susah ane tulis ?! ;)

  4. Edo says:

    Keliatannya yummy semua……..

  5. DIMANA TEMPAT NYA BANDUNG DAERAH MANA

  6. anisfauz says:

    hemmm… jadi lappperrr,.

  7. [...] (Sumber : http://dejulogy.wordpress.com/2012/03/31/25-kuliner-khas-bandung/) [...]

  8. [...] (Sumber : http://dejulogy.wordpress.com/2012/03/31/25-kuliner-khas-bandung/) [...]

  9. Rizki says:

    Wah kayaknya lezat nih? Hmmm jadi pengen ke Bandung

  10. Redsdipo says:

    tambahan tempat seafood murah di REDSDIPO

  11. seblak mah pram says:

    mangga nu barade seblak abdi aya seblak makroni,ceker,tulang,krupuk,mie,kwetiau dll seraba Rp 3000 .di deliveri service .ongkos kirim beda lagi.hub 058795221682

  12. seblak mah pram says:

    punten lepat no hp 0857-95221-1682 hatur nuhun diantos nu barade

  13. herman says:

    Asia Martabak Jepang adalah salah satu trademark yang dimiliki oleh PT. Asia Sunrise Indo yang berdiri pada tahun 1999 di Bandung.

    Asia Martabak Jepang mulai mengembangkan sayapnya pada tahun 2002 dengan berdirinya 2 buah counter tambahan. Pada tahun 2003 Asia Martabak Jepang mulai memfranchisekan usahanya seiring dengan bertambahnya investor menjadi 10 counter yang tersebar dan tertata di area bandung.

    Asia Martabak Jepang adalah pelopor martabak masa kini yang menawarkan variasi menu beragam rasa yang sangat khas dan berbeda dengan martabak pada umumnya. Mereka menawarkan 5 jenis adonan martabak (Tasty, Blacksweet, Crispy, Manis, Asin) dengan kombinasi citarasa jepang yang unik dan aroma special juga tidak membosankan karena menyuguhkan 70 macam menu.

    Asia Martabak Jepang untuk daerah jawa barat sudah tidak asing lagi karena telah memenangkan Kontes Heboh Martabak Blueband 2005, sebagai salah satu bekal yang cukup untuk membuktikan kelezatan dan kualitas makanan yang baik.

    Asia Martabak Jepang memiliki perbedaan yang cukup mencolok jika dibandingkan dengan martabak lain, yaitu terletak pada rasanya yang tidak terlalu manis sangat cocok dilidah anak, remaja dan dewasa yang tidak menyukai rasa manis yang berlebih selain aromanya yang khas dan citarasa yang unik karena selain lezat juga bergizi tinggi karena mengandung vitamin E, A, B1, B2, D3 dan kalsium.

    http://www.asiamartabak.com

  14. pratama says:

    wah kesukaan saya nih pisang molen pasti enak banget

  15. pulau tidung says:

    ternyata makanan kuliner bandung enak- enak juga ya sangat ,emgoyang lidah

  16. wah makanan indonesia itu enak banget jadi kepingin makan tuh

  17. nopan says:

    lengkap, sayangnya ga ada info belinya di mana

  18. pulau tidung says:

    di pulau tidung juga ada kuliner khas nya gan.coba baca info nya di blog saya.thanks gan

  19. Bandung meman mantab :D

    thanks infonya :)

  20. hmmm…lezaat..

    nice article :)

  21. hanz says:

    mantap semua tuh ganz..!!

  22. gehu pedes jalan golf (masuk dari jl. raya ujung berung)
    sejak belasan taun yang lalu, itu tahu pedes udah ada, dan sekarang banyak yang bikin tahu isi pedes. :)

  23. Dealadyrose says:

    Tambahin lagi min ulasannya :) gehu, bala-bala, sama tahu gejrot .. Mantap juga tuh :)

  24. dani says:

    Bandung Kota Kreatif, support your local product

    Kuliner Bandung yang lagi nge Hits, dan Heboh
    sepanjang masa, sering jadi trending di sosial media khususnya twitter,dll
    *info lanjut, alamat, produk yg dijual, search aja di google atau sosial media lainnya seperti TWITTER.dll

    KULINER BANDUNG

    Makanan, Minuman, Cemilan, Dessert, dan lain-lain. . .

    List:

    Bebek garang (Resto/Tempat Makan Menjual Makanan olahan dari Bebek)

    MAICIH (Keripik Singkong/Cemilan)

    SIERRA cafe

    Karnivor (Resto Steak)

    HARTWOOD (Resto)

    Mie Reman (Tempat makan/Resto)

    Day’s Steak (Tempat Makan/Mobile Cafe)

    Rm.Legoh (Tempat makan/cafe)

    milk bar (Island Cafe/Bar Cafe menjual Susu)

    Juicide Juice bar (Island Cafe/Bar menjual aneka Jus)

    Sushi origami (Mobile Cafe/Tempat makan Sushi)

    Sushi Tei (Resto/Sushi/J-food)

    Sate Sinta (Resto/Sate)

    Recheese eat & go / (factory/Fast Food)

    Soerabi imoet (Tempat Makan/Kuliner Tradisional)

    Soerabiku (Kaki Lima/Soerabi)

    Gigle Box Cafe (Cafe/Resto)

    Tokyo Connection (Cafe/Resto)

    Ratu Snack (Oleh-Oleh Bandung)

    Nasi Bakar Cimandiri (Tempat makan/Resto)

    OSENG MERCON (Tempat Makan/Oseng Pedas)

    Tokki Pokki Korean Food (Tempat Makan/Korean Food)

    Burger bakar ijo (Dago) (Tempat makan)

    coffee combi (Mobile Cafe/Coffee)

    Takoyakiku / Takolada (kaki lima/takoyaki)

    Yummi Noodles (Tempat Makan/Resto)

    De’Risol (Risoles) (Tempat Makan/Resto)

    L’Risol (Risoles/Delivery)

    La’Risol (Risoles/Delivery)

    Nasi Goreng Mawut (Tamansari) (kaki lima)

    KERIPIK KARUHUN (Keripik Singkong/Cemilan)

    Peuyeum, oncom & oleh2 Bandung stasiun Leuwi Panjang

    Justmine Pisang Ijo (Kaki Lima/Tempat Makan/pisang Ijo)

    GoKIL Goyobod Kliningan (Kaki lima/ES Goyobod)

    COKELAT KOCOK (Booth/Island Cafe/ Chocolate Shake N Blend)

    Risoles Melepuh (Delivery/Risoles)

    Cuanki Dara Kembar (Tempat makan/Cuanki)

    JIGOKU Ramen (Tempat Makan/Ramen J-Food)

    Cireng Bumbu Persib (Gerobak keliling/Cireng Bumbu)

    De tuik Cafe (Cafe/Resto)

    Iga Bakar Mas Giri (Cafe/Resto/Iga)

    Bebek Van Java (Cafe/Resto/Bebek)

    black burger (Kaki lima/burger hitam)

    Black Romantic (tempat makan/ceker pedas)

    MIETOHA (tempat makan/mie)

    Yuky Penkeik (tempat makan/pancake/dessert)

    Baso tahu mang ALAY (Booth/Baso Tahu)

    Pempek Lopek (Booth/Delivery/Pempek)

    Ayam Suwir Honje (Delivery/Ayam Suwir)

    Stereo Dessert (Dessert/Delivery)

    BOBER cafe (Cafe/Resto)

    Siete cafe (Cafe/Resto)

    Kopi Opa (Tempat makan/coffee)

    Peter pancake (tempat makan/pancake)

    Jacks Pancake (tempat makan/pancake/durian pancake)

    Sabana Chicken (Bandung) (kaki lima/chicken)

    Nasi Kalong (kaki lima/tempat makan/aneka makanan)

    JNC, Ladifa Cookies (cookies/store/oleh-oleh)

    MR.Komot (store/dessert/cafe)

    Tahu Pop (kaki lima/booth/tahu)

    MADTARI (tempat makan/pisang bakar/dessert)

    KEDAI LING LING (Ramen J-Food/Bar)

    Ramen Cemen (Ramen/Tempat makan)

    KUMA RAMEN (Ramen/Tempat Makan)

    Mimichan Thai Tea (delivery/Thai Tea)

    Pempek Artha (Pempek/Delivery)

    REDSDIPO (Tempat Makan/Resto/ikan bakar)

    Batagor Riri (Batagor/oleh2)

    Batagor Isan (Batagor/oleh2)

    Batagor Hanimun (Batagor/oleh2)

    Mie Ayam Popo (tempat makan/mie ayam)

    Mie Hijau Maheswari (tempat makan/mie)

    heidami ramen (tempat makan/ramen/japanese food)

    Gerobak / RAMEN HOUSE (tempat makan/Ramen)

    PotLuck Kitchen (cafe/resto)

    Warung Afriani (cafe/resto)

    KRIB0 (keripik/delivery/cemilan)

    Sosis Colok (sosis/booth)

    D’El tea (thai tea/booth)

    Coffeeland (booth/coffee)

    Star Blend Coffee (booth/coffee)

    Chicken Don King (chicken/delivery)

    BOLOEKODJA (oleh2/store/kue bolu)

    Amanda Brownies (oleh2/brownies/store)

    KURISOL (risoles/kaki lima)

    Kartika Sari (oleh2/store)

    Cushy Pancake (bar/island booth/pancake)

    SUMO Ramen (bar/cafe/ramen/jfood)

    Western Hotdog (hotdog/burger/outlet)

    BURGEROCKS (Bar/island/burger)

    NgaBURGER Heula (burger/cafe)

    Burgerbang (burger/Store)

    Pla Steak House (Tempat makan/Steak)

    STEAK RANJANG (kaki lima/Steak)

    AddicTEA (Thai Tea/Delivery)

    Bolu FOKER (Bolu/oleh2/store)

    Nasi COMOT (kaki lima/nasi)

    Chicken poprock (booth/chicken rice)

    SIMPLISIO (cafe/resto/international food)

    Blendonesia (booth/drink/coffee)

    Koedelos Brownies (Brownies/Delivery)

    Nongni Home Taste (Pre order/Delivery/Tar susu)

    Djoeragan Tempe (Cemilan/Tempe)

    Susu Susanti (susu/store)

    NANUTZ MANIA (Cemilan/oleh2)

    Tjap Menak (oleh2/cemilan/cake)

    Moring Glory (keripik/oleh2)

    Arumanis si manis (oleh2/arumanis)

    MOKORONOY (cemilan/delivery)

    maio Green Burger (store/outlet/burger)

    Cireng Online (delivery cireng)

    Ayam & bebek Sambal Gelo (kaki lima/ayam bebek sambal gelo)

    Bebeke (kaki lima/bebek)

    BEBEK Ali Boromeus (kaki lima/bebek)

    Sayogi Pisang Ijo (kaki lima/pisang ijo)

    Ala’din Pisang Ijo (kaki lima/pisang ijo)

    The Harvest (cafe/resto/dessert/cake)

    Brusselspring (cafe/resto/dessert)

    SOLELUNA (cafe/resto)

    Kopi Progo (cafe/coffee)

    cafe cinta (cafe/resto)

    mrs.popon kripik singkong (cemilan)

    Seripikkingkong (cemilan keripik/delivery)

    Nasgore (kaki lima/nasi goreng)

    warsu (susu/Warung susu)

    Doci Ramen (Tempat makan/ramen)

    Oishii Ramen & J Food (cafe/ramen)

    BEURGEUR (store/bar/burger)

    Cuanki Serayu (kaki lima/cuanki)

    OEY cafe (cafe/resto)

    Sop Buah Pak Ewok (kaki lima/sop buah)

    Mie Kocok Mang Dadeng (mie kocok/t.makan)

    Baso mandep (baso/t.makan)

    Baso Linggarjati (baso/tempat makan)

    Baso Tahu Bima (baso tahu/tempat makan)

    Baso Tahu Burangrang (baso tahu)

    Deladah (cemilan)

    Perkedel BONDON (kaki lima/perkedel)

    Sarung Tinju (perkedel/delivery)

    Sambal Hell Yeah (delivery/sambal)

    Core Burger Rendang (delivery/burger)

    Snackcore (Delivery/cemilan

    Tahu Baxo ibu ay (delivery/cemilan)

    AYAM SAKTI (tempat makan/resto/ayam)

    Keripik Gembel (cemilan/delivery)

    Baso Mas Tato (delivery/baso)

    Pikset Van Java (cemilan pedas/keripik/oleh2)

    Kyan Sandwich (Mobile cafe)

    BurirtoZ (Booth/Fast Food)

    Black n White Cafe (Cafe/Resto)

    Rogers Cafe (Resto/Cafe)

    Durian Pancake Cemen (Pancake Durian/Delivery)

    Warung International

    Risoles Kriuk

    cocorico cafe (resto)

    the stone cafe (cafe/resto)

    *kalo ada yg kurang tambahin yaa
    dan masiiihhhh banyak lagi kuliner bandung yg sangat CREATIVE ! ! ! !
    Dukung Terus Produk2 Lokal khususnya BANDUNG ! ! !

    Bandung Kota Kreatip!!!

    Dari Bandung, Oleh Bandung, Untuk SEMUA…

    KULINER BANDUNG Yang Bikin HEBOH Sepanjang MASA ! ! !

    bwt yg mau copy paste List nya, mangga, bebas, mari sebarkan info kuliner2 kreatif dari anak-anak muda BANDUNG. Bandung gitu Loohhhh !!!

    #KULINERBANDUNG #ReferensiKULINERBANDUNG #LIST #ILoveKULINERBANDUNG #RekomendasiKulinerBANDUNG

    Repost : KULINER BANDUNG Aneka Kuliner yang lagi Booming di Bandung Sepanjang Masa
    http://forum.detik.com/showthread.php?p=26222712

  25. perkofashion says:

    duhhhhhhh,masakan bandung banya amat gannnnnnnn. jadi pengen nyoba kuliner disana. enak kayaknyaaa

  26. noval says:

    Dear culinary lovers, ijin ya, sekarang Bandung juga punya nasi goreng baru asli Bandung lho yang kami ciptakan, namanya Nasi Goreng Van Sunda yang benar” beda nasi goreng manapun di dunia ini baik rasa, penyajianya, warnanya, dan penampilanya. http://bandungkitchen.blogspot.com/
    #supportlocalproduct

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s